- Advertisement -Newspaper WordPress Theme
NASIONALLarang Mahasiswa Berorganisasi dan berkegiatan malam, Rektor UNC Palopo Menuai kecamanan dari...

Larang Mahasiswa Berorganisasi dan berkegiatan malam, Rektor UNC Palopo Menuai kecamanan dari BEM

Mediaonlineindonesia.com, Palopo (02/09/2022) – Mahasiswa Universitas Cokroaminoto Palopo, yang terdiri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM UNCP) dan beberapa lembaga yang terdiri dari Unit Kegiatan Khusus (UKK) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di dalam kampus melakukan sebuah bentuk aksi protes secara spontan pada saat Masa Orientasi Akademik dan Kelembagaan (MORAL) untuk mahasiswa baru tahun 2022.

hal ini menjadi sebuah bentuk kecaman terhadap pihak pimpinan universitas yang di nilai mengeluarkan keputusan dan statement yang tidak berorientasi pada kepentingan organisasi internal yang ada kampus.

Kejadian itu bermula dari adanya Surat peringat yang di berikan kepada salah satu ketua UKK yang keluarkan oleh dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan karena di nilai kritikan yang ucapkan mencemarkan nama baik kampus dan memuncak pada saat Rektor menyampaikan sebuah pelarangan untuk mengikuti organisasi di hadapan mahasiswa.

Isu tersebut selalu menjadi pusat perhatian organisasi yang ada di kampus karena sudah berjalan berbulan-bulan tak ada upaya rektor untuk menyerap aspirasi mahasiswa.

READ  PPP Gerakkan Semua Mesin Partai Untuk Kemenangan APPI RAHMAN

“Isu Pembatasan kegiatan telah di suarakan selama berbulan-bulan karena kami menganggap pembatasan kegiatan malam ini di nilai sangat membatasi ruang gerak mahasiswa didalam melaksanakan aktivitas penunjang lembaga atas observasi itu banyak UKK/UKM harus melaksanakan kegiatan-kegiatanya diluar kampus”. Ucap Mahliga Nurlang ketua BEM UNCP.

Mahligai Nurlang juga menambahkan terkait pembongkaran sekretariat yang hingga saat ini belum mendapat kejelasan pembangunannya.

“Kemudian terkait pembongkaran sekretariat yang telah berjalan kurang lebih satu bulan hingga saat ini tak ada kejelasan yang diberikan padahal sudah beberapa kali kami melakukan aksi protes dan upaya mediasi untuk meminta kejelasan atas pembangunan sekretariat namun hingga saat ini tidak ada satupun upaya dilakukan”.tambahnya

Pada saat proses mediasi berlangsung ada pernyataan sikap yang di lontarkan oleh rektor Rahman Hairuddin, S.P., M.Si. yang dinilai sangat tidak mencerminkan watak seorang pemimpin yang demokratis

“Selama saya menjadi Rektor di Universitas Cokroaminoto Palopo saya tidak akan mencabut pelarangan kegiatan malam”.ucap Rahman Hairuddin, S.P., M.Si. yang juga sebagai rektor Universitas cokrominoto palopo

READ  Ratusan Personel Polres Takalar Ikuti Tes Psikologi

Hal ini menjadi sebuah bentuk kekecewaan mahasiswa dan ini sebagai gambaran tidak jelasnya dasar regulasi yang di terapkan di kampus UNCP karena tak ada satupun aturan pemerintah yang melarang mahasiswa untuk berkegiatan malam.

Kami juga sangat mengecam sambutan penutup Rektor UNCP pada Masa Orientasi Akademik dan Kelembagaan tahun 2022 yang mengatakan secara tegas melarang mahasiswa untuk ikut dalam aktivitas organisasi, hal ini sangat bertentangan dengan UU nomor 12 tahun 2012 yang telah mengamanatkan untuk mendukung aktivitas organisasi didalam kampus. Tutup Mahliga Nurlang

Diketahui pada hari kedua MORAL UNCP, UKK/UKM melakukan pengenalan tentang Kelembagaan yang di pandu oleh Badan Eksekutif Mahasiswa, Pada proses itu seluruh ketua UKK/UKM selain memperkenalkan lembaga masing-masing mereka juga secara tegas menyeruhkan penolakan aturan pembatasan kegiatan malam dan pembongkaran 6 sekretariat UKK tampa kejelasan pembangunan.

Subscribe Today

GET EXCLUSIVE FULL ACCESS TO PREMIUM CONTENT

SUPPORT NONPROFIT JOURNALISM

EXPERT ANALYSIS OF AND EMERGING TRENDS IN CHILD WELFARE AND JUVENILE JUSTICE

TOPICAL VIDEO WEBINARS

Get unlimited access to our EXCLUSIVE Content and our archive of subscriber stories.

Exclusive content

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Latest article

More article

- Advertisement -Newspaper WordPress ThemeNewspaper WordPress ThemeNewspaper WordPress ThemeNewspaper WordPress Theme