- Advertisement -Newspaper WordPress Theme
NASIONALPeran, Fungsi Menteri Hukum Dan Keimigrasian Dalam Menyukseskan Kegiatan Event Internasional Moto...

Peran, Fungsi Menteri Hukum Dan Keimigrasian Dalam Menyukseskan Kegiatan Event Internasional Moto GP Tahun 2022

Mediaonlineindonesia, KUTA (19/03/2022) – Pelaksanaan Event MotoGP yang sedang berlangsung dari tanggal 18 – 20 Maret 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit (Sirkuit Mandalika) yang berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat, sebagai tuan rumah bagi penyelenggaraan event tingkat Internasional sekelas MotoGP tentunya mengharuskan sejumlah persiapan dengan skala besar. Hampir semua elemen masyarakat pun berpartisipasi dalam rangka mempersiapkan event yang memang pelaksanaannya sudah lama dinanti bagi masyarakat Indonesia khususnya wilayah Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan yang melibatkan hampir seluruh pihak terkait seperti pelaku usaha baik makro maupun mikro, serta jajaran Instansi yang mengambil tanggung jawab atas penyelenggaraan event ini tentu saja harus mempersiapkan berbagai faktor pendukung. Tak terkecuali KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM NUSA TENGGARA BARAT yang dalam hal ini berperan sebagai pemeriksa atau filter bagi kedatangan para tamu ke Nusa Tenggara Barat, khususnya Warga Negara Asing yang datang, baik untuk berpartisipasi dalam ajang MotoGP maupun tim pendukung serta penonton.

Untuk menyambut dan mendukung pelaksanaan Event Internasional tersebut KANTOR WILAYAH KEMENKUMHAM NTB dan khususnya Divisi Keimigrasian serta Satuan Kerja Imigrasi yang ada di Nusa Tenggara Barat (NTB) telah siap mendukung dan memberi KARPET MERAH dalam pelaksanaan kegiatan MotoGP 2022 yang di gelar dari tanggal 18 – 20 Maret 2022 dan memberikan pendampingan dan kenyamanan bagi CREW DAN PENONTON baik WNA dan WNI dengan mempersiapkan petugas imigrasi dengan membentuk Satuan Tugas (SATGAS) oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan Surat Keputusan Nomor : W21-83-GR.01.01 Tahun 2022 tanggal 01 Maret 2022 yang petugasnya di rekrut dari Pejabat Struktural dan pegawai pada Divisi Keimigrasian dan Pejabat Struktural dan petugas imigrasi dari 3 (tiga) Kantor Imigrasi di wilayah kerja KANWIL KEMENKUMHAM NTB yaitu: (1) Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram, (2) Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar dan (3) Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Bima, yang bertugas di 6 (enam) titik POS/POSKO yang di sebar dan akan melaksanakan TUGAS FUNGSI IMIGRASI yaitu : Pemeriksaan Keimigrasian di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI), Layanan Informasi Keimigrasian dan melaksanakan Fungsi Intelijen Keimigrasian untuk selalu memberikan kenyamanan bagi para Warga Negara Asing (WNA) khususnya para CREW dan penonton juga Warga Negara Indonesia (WNI), TIM bertugas di POS/POSKO, yaitu:

READ  Penuhi Hak Bersyarat WBP, Lapas Makassar Kumham Sulsel Lakukan Sosialisasi UU No. 22 Tahun 2022

1. TPI Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok dengan 2 (dua) group petugas imigrasi yang masing-masing petugas terdiri dari 15 (lima belas) orang, yang bertugas (dua) shift bergantian untuk melakukan Pemeriksaan Keimigrasian kepada PEMBALAP dan CREW serta penonton yang akan masuk melalui ENTRY POINT dan keluar melalui EXIT POINT Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid di Lombok.

2.   TPI Pelabuhan Laut LEMBAR dengan 2 (dua) group petugas imigrasi yang masingmasing petugas terdiri dari 6 (enam) orang, akan bertugas (dua) shift bergantian untuk melakukan Pemeriksaan Keimigrasian kepada penonton Warga Negara Asing (WNA) yang akan masuk melalui ENTRY POINT dan keluar melalui EXIT POINT Pelabuhan Laut LEMBAR.

3. TPI Pelabuhan Khusus MARINA DEL RAY dan MEDANA BAY MARINA dengan 4 (empat) orang petugas imigrasi di masing-masing MARINA untuk melakukan Pemeriksaan Keimigrasian kepada penonton Warga Negara Asing (WNA) yang masuk dan keluar dengan menggunakan kapal Yacht jika 2 (dua) TPI KHUSUS tersebut sudah di tunjuk sebagai ENTRY POINT masuknya kapal-kapal yacht ke Pulau Lombok.

READ  Warga Binaan Lapas Makassar Kumham Sulsel Laksanakan Upacara Hari Kemerdekaan R

4. POSKO IMIGRASI I (satu) di kawasan KUTA MANDALIKA dengan jumlah 13 (tiga belas) orang dan POSKO IMIGRASI II (dua) di kawasan Sirkuit Mandalika dengan jumlah 10 (sepuluh) petugas imigrasi, POSKO IMIGRASI I (satu) dan POSKO IMIGRASI II (dua) memberikan pelayanan informasi Keimigrasian SECARA HUMANIS berupa POS SIMPATIK kepada para crew dan penonton WNA dan WNI disela-sela acara MOTO GP.

Selain memberikan Pelayanan Informasi Keimigrasian Petugas Imigrasi di POSKO IMIGRASI juga melaksanakan fungsi Intelijen Keimigrasian. POSKO tersebut difungsikan sebagaipusat pelayanan informasi keimigrasian bagi wisatawan asing dan domestik yang datang ke wilayah Kuta Mandalika untuk menonton perhelatan internasional MotoGP 2022.

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTB mendirikan 2 (dua) Pos Pelayanan Informasi Keimigrasian di wilayah Pantai Kuta dan di dalam kawasan Sirkuit MotoGP Mandalika yang difungsikan sebagai pusat pelayanan informasi keimigrasian bagi wisatawan asing dan domestik yang datang ke wilayah Kuta Mandalika untuk menonton perhelatan internasional MotoGP 2022.

Keberadaan pos tersebut bertujuan untuk menunjukkan KEMENKUMHAM RI khususnya IMIGRASI HADIR dan ada di tengah-tengah masyarakat yang menyaksikan MotoGP yang tengah berlangsung pada saat ini. Selain memberikan Pelayanan Informasi Keimigrasian kepada Warga Negara Asing dan Warga Negara Indonesia, Petugas Imigrasi juga secara rutin melakukan PATROLI SIMPATIK di seputaran Kuta Mandalika untuk memastikan tidak ada pelanggaran keimigrasian yang dilakukan oleh orang asing.

READ  Bareskrim Tetapkan Eks Dirut PT Bosowa Corporindo Tersangka Kasus Sektor Jasa Keuangan

Keberadaan Pos Pelayanan Informasi Keimigrasian ini akan terus difungsikan untuk melayani masyarakat khususnya Warga Negara Asing di Kuta Mandalika. Pihak Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTB telah berkoordinasi dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) untuk membangun GEDUNG POS IMIGRASI PERMANEN di wilayah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kuta Mandalika. Dimana semua kegiatan perkantoran akan menjadi satu di Kawasan Ekonomi Khusus tersebut. Pembangunan Pos Imigrasi tersebut kedepannya akan diupayakan menjadi Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi yang akan memberikan Pelayanan Keimigrasian kepada Warga Negara Asing berupa pemberian, perpanjangan Izin Tinggal Keimigrasian.

Subscribe Today

GET EXCLUSIVE FULL ACCESS TO PREMIUM CONTENT

SUPPORT NONPROFIT JOURNALISM

EXPERT ANALYSIS OF AND EMERGING TRENDS IN CHILD WELFARE AND JUVENILE JUSTICE

TOPICAL VIDEO WEBINARS

Get unlimited access to our EXCLUSIVE Content and our archive of subscriber stories.

Exclusive content

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Latest article

More article

- Advertisement -Newspaper WordPress ThemeNewspaper WordPress ThemeNewspaper WordPress ThemeNewspaper WordPress Theme