- Advertisement -Newspaper WordPress Theme
NASIONALLapas Makassar Mengikuti Syukuran dan Buka Puasa Bersama Menuju Hari Bakti Pemasyarakatan...

Lapas Makassar Mengikuti Syukuran dan Buka Puasa Bersama Menuju Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-58

Mediaonlineindonesia, Makassar (26/04/2022) – Lapas Kelas I Makassar Kemenkumham Sulsel mengikuti syukuran menuju Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-58 Kemenkumham secara virtual. Kegiatan yang langsung dibuka oleh Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly, juga menampilkan prison art show hasil karya dan tari kreasi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H. Laoly dalam sambutannya memaparkan bahwa lembaga permasyarakatan dihadapkan pada tantangan dalam mewujudkan visi Indonesia emas pada tahun 2045 mendatang. Untuk itu, pihaknya mendorong Lapas untuk melakukan inovasi dalam membina narapidana melalui pelatihan kerja sesuai dengan kebutuhan dan peluang kerja di masing-masing wilayah.

“Kita harus memikirkan cara mengubah tantangan besar tersebut menjadi peluang untuk berkontribusi mewujudkan Indonesia Emas 2045 melalui penyesuaian program pelatihan narapidana dengan kesempatan kerja yang tersedia,” tegas Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H. Laoly, dalam acara Syukuran Menuju 58 Tahun Pemasyarakatan.

Diakui Yasonna, berbagai permasalahan dan pencapaian yang silih berganti kian mendewasakan dan menguatkan institusi ini. Rangkaian HBP Ke-58 bertema ‘Pemasyarakatan PASTI dan BerAkhlak, Mewujudkan Indonesia Maju’ merupakan komitmen nyata untuk perlahan-lahan menjawab berbagai tantangan untuk kembali bangkit dan pulih dari hantaman pandemi COVID-19. Ia meminta pemasyarakatan harus mampu bertransformasi menjadi institusi yang mampu menciptakan manusia yang berketerampilan dan memiliki produktivitas tinggi sehingga sudah siap untuk berkompetisi, baik di level nasional maupun global. Jangan sampai kembalinya narapidana di tengah masyarakat tidak dibarengi dengan upaya peningkatan kesejahteraannya. Tentu akan berpotensi besar terjadinya residivisme karena ketidakmampuannya untuk bersaing di tengah masyarakat.

READ  Diduga Tidak Memiliki Asas Manfaat, SAINS Resmi Laporkan Pokir Anggota DPRD Ke Kejari Jeneponto

“Pemasyarakatan harus mampu menjembatani para narapidana dengan lingkungan sosialnya. Sudah saatnya program pemberdayaan masyarakat ditingkatkan. Upaya promosi sebelum para narapidana ini benar-benar terjun ke masyarakat juga perlu dioptimalkan,” tambah Yasonna.

Tak lupa, ia menghaturkan terima kasih terhadap seluruh pihak yang telah membantu, mendukung, dan mendampingi institusi Pemasyarakatan dalam melakukan upaya-upaya perbaikan. “Semoga di bawah naungan panji Pemasyarakatan, kita dapat terus bekerja dengan penuh dedikasi. Memiliki komitmen dan integritas bagi pemajuan Sistem Pemasyarakatan,” tegasnya.

Di kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Reynhard Silitonga mengucapkan rasa terimaksihnya untuk semua stakeholder serta mitra kerja permasyarakatan, seingga dapat membantu optimalisasi setiap program yang dilaksanakan pihaknya.

“Capaian Pemasyarakatan hingga hari ini tidak terlepas dari bantuan, dukungan, dan kerja sama yang baik dari masyarakat, stakeholder, dan mitra kerja Pemasyarakatan,” tutur Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Reynhard Silitonga.

Acara ini turut menampilkan Prison Art Show hasil karya dan tari kreasi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Disampaikan pula omset penjualan program One Day, One Prison’s Product dan pengundian doorprize bagi pembeli dalam program tersebut terhitung tanggal 23 Maret-22 April 2022. Program ini sukses mengenalkan dan pemasarkan produk hasil karya WBP kepada masyarakat serta mengajak masyarakat berpartisipasi dalam peringatan HBP Ke-58 sekaligus memberikan tambahan premi bagi WBP dan Penerimaan Negara Bukan Pajak dari hasil penjualan produk WBP.

READ  Bela Wartawan, Ketua DPW MOI Banten Ancam Gelar Aksi Demo

“Hasil yang telah diperoleh antara lain terdapat 3.245 transaksi, 660.159 produk terjual dengan total omset sebesar Rp 3.084.607.553 (tiga milyar delapan puluh empat juta enam ratus tujuh ribu lima ratus lima puluh tiga rupiah). One Day, One’s Prison Product menjadi semangat baru untuk mendorong akselerasi pertumbuhan produksi, khususnya hasil karya WBP. Tidak cukup hanya produktif, tapi Pemasyarakatan harus promotif dan informatif kepada masyarakat,” harap Reynhard

tasyakuran Menuju 58 Tahun Pemasyarakatan ini juga dirangkaikan dengan buka puasa bersama staf dan pejabat struktural Lapas Kelas I Makassar.

turut dihadiri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kepala Badan Intelijen Negara, Ketua Umum Palang Merah Indonesia, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Ketua Ombudsman, Kepala Badan Nasional Pemberantasan Terorisme, Kepala Badan Narkotika Nasional, serta perwakilan Kepolisian Negara RI dan Badan Pemeriksa Keuangan. Hadir pula Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Pimpinan Tinggi Madya Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, jajaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan, serta perwakilan United Nations Office on Drugs and Crime, Kementerian Agama, dan mitra kerja Pemasyarakatan lainnya, baik secara langsung maupun virtual.

READ  Kepedulian Terhadap Tenaga Pendidik, Danrem 061/SK Pantau Vaksinasi Untuk Dosen dan Guru

Sebagai apresiasi, sejumlah penghargaan juga diberikan kepada mitra kerja Pemasyarakatan, UPT Pemasyarakatan dan pegawai berperestasi, serta para pemenang lomba menyambut HBP Ke-58 kategori lomba logo dan slogan, lomba vlog dan film pendek, serta lomba inovasi layanan publik Pemasyarakatan. Selain itu, acara dirangkaikan dengan penandatanganan prasasti peresmian gedung kantor/UPT secara virtual, peluncuran buku “Sesepuh Pemasyarakatan Berbagi”, dan tausiah bersama Ustaz Das’ad Latief.

Sumber : Humas Latusar

Subscribe Today

GET EXCLUSIVE FULL ACCESS TO PREMIUM CONTENT

SUPPORT NONPROFIT JOURNALISM

EXPERT ANALYSIS OF AND EMERGING TRENDS IN CHILD WELFARE AND JUVENILE JUSTICE

TOPICAL VIDEO WEBINARS

Get unlimited access to our EXCLUSIVE Content and our archive of subscriber stories.

Exclusive content

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Latest article

More article

- Advertisement -Newspaper WordPress ThemeNewspaper WordPress ThemeNewspaper WordPress ThemeNewspaper WordPress Theme