Makassar – MOI.COM,- Mencuatnya nama mantan menteri pertanian 2014-2019 Andi Amran Sulaiman (AAS) membuatnya direspon cepat oleh elit-elit partai politik. Elit PKB Sulsel melihat sosok AAS cocok bergandengan dengan ketum PKB Cak imin, sedangkan elit PKB ingin AAS berpaket dengan dewan syuro PKS Salim Al Jufri.

Selain kedua elit parpol tersebut para pakar dan analis politik pun muncul memberi penilaian, ada yang menganggap AAS cocok berpasangan dengan Prabowo, ada yang anggap AAS cocok dengan Ganjar Pranowo.

Direktur Utama Analisis Data (ALTA) Nusantara Muhammad Rhesa pun punya analisa teehadap sosok AAS.
Aspek identitas sosial menjadi alasan Rhesa dalam melihat paket AAS.
“Identitas sosial dalam hal ini asal daerah dapat menjadi instrumen untuk meningkatkan harga diri kelompok, dan karena AAS adalah representasi Indonesia Timur maka tentu ia (AAS) sangat perlu mempertimbangkan untuk menerima tawaran untuk berpaket dengan figur dari pulau Jawa” AAS yang merupakan putra Sulsel tersebut mewakili kawasan Indonesia Timur juga berdarah Sunda, dari nenek buyutnya Putri Sultan Ageng Tirtayasa Sultan Banten yang mempermenantukan Syekh Yusuf Al Makassari.

READ  Dirga Saputra Pengadaan Security Check DPRD disoal

AAS juga merupakanketurunan dari pernikan Syek Yusuf dan Putri Sultan Ageng Tirtayasa.

Artinya menurut Rhesa, AAS memang idealnya menerima paket pasangan dari figur Jawa asli.

Adapun figur-figur yang potensial menurut Rhesa adalah, antara; Airlangga Hartarto, Ganjar Pranowo, atau Prananda Prabowo putra Megawati Soekarno Putri yang merupakan sosok yang cerdas dan berwibawa.

Simulasi Antara; Airlangga – AAS, Ganjar Pranowo – AAS, atau Prananda Prabowo – AAS akan menciptakan pasangan dengan geopolitik yang strategis dan saling melengkapi,. Tutur Rhesa yang merupakan pengajar Ilmu Psikologi Politik UNM tersebut.

Penulis Admin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here